mbkm.usm.ac.id

Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) menjadi salah satu instrumen dalam upaya meningkatkan daya saing wilayah. Hal ini dilakukan melalui peran RDTR dalam proses Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) yang menjadi salah satu instrumen persyaratan dasar dalam perizinan berusaha melalui layanan online single submission (OSS). Bagi daerah-daerah yang sudah memiliki RDTR dan terintegrasi dengan layanan OSS, akan mampu memberikan Konfirmaso KKPR dalam waktu 1 (satu) hari. RDTR, oleh karena itu, mendukung ekosistem kemudahan berusaha melalui percepatan waktu perizinan berusaha. Kemudahan berusaha ini diharapkan akan meningkatkan realisasi investasi dan pembukaan lapangan kerja sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kondisi sosial-ekonomi masyarakat. Selain itu, RDTR juga berperan sebagai alat kendali mutu dan acuan pemanfaatan ruang, acuan dalam penyediaan fasilitas umum dan infrastruktur, serta instrumen masyarakat dalam partisipasi pembangunan.

Dalam mendukung percepatan penyelesaian 2000 RDTR, salah satu langkah strategis yang dilakukan Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN guna percepatan penyediaan RDTR adalah melalui terobosan Sumber Daya Manusia (SDM). Terobosan tersebut, salah satunya, dilakukan melalui INSPIRING (Internship In Spatial Planning For Regional And Nasional Growth) dalam wujud
Program Magang Bersertifikat Rencana Detail Tata Ruang.

Selama Tahun 2021, sekitar 500 mahasiswa/i telah berkontribusi menyelesaikan masa magangnya di lingkungan Direktorat Jenderal Tata Ruang dari Juli-Desember 2021 melalui Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka. Pada Tahun 2022, Direktorat Jenderal Tata Ruang mengajak 489 mahasiswa untuk kembali berpartisipasi dalam program yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program INSPIRING mulai dibuka sejak tanggal 31 Desember 2021 s.d. 14 Januari 2022. Sedangkan praktik magang akan dilaksanakan mulai bulan Februari hingga bulan Juli 2022.

Selain melibatkan mahasiswa/i dari program studi Perencanaan Wilayah dan Kota serta Geografi/Geodesi, program ini juga melibatkan mahasiswa/i dari program studi Sistem Informasi dan Teknologi Informatika untuk mendukung proses pengembangan aplikasi Tata Ruang dan pengintegrasian Rencana Tata Ruang (RTR) secara digital.

Calon peserta magang bersertifikat dapat melakukan pendaftaran dengan mengakses laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, kemudian pilih menu magang lalu ketik Direktorat Jenderal Tata Ruang pada kolom pencarian perusahaan.

Sumber: https://www.instagram.com/ditjentataruang/p/CYQQcbtvrSd/?utm_medium=share_sheet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *