mkbm usm
– Selasa, 22 Februari 2022 | 13:25 WIB

WONOSOBO, suaramerdeka.com – Program kampus mengajar yang dicanangkan Mendikbudristek Nadiem Makarim saat ini dinilai berhasil membekali soft skill mahasiswa.

Seloin itu, program kampus mengajar memiliki dampak positif bagi sekolah sehingga program ini terus berlanjut.

Bahkan saat ini program kampus mengajar sedang berjalan angkatan 3.

Hal ini dikatakan Dosen Pembimbing Lapangan dari Universitas Semarang (USM) Saiful Hadi MKom saat mendampingi mahasiswa kampus mengajar angkatan 3 untuk melakukan observasi lapangan di SDN 1 Kemiriombo Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo pada Sabtu, 19 Februari 2022.

 

Saiful menilai program ini memberikan manfaat bagi mahasiswa dan siswa. Mahasiswa bisa menambah soft skill, dan siswa bisa meningkatkan kualitas mutu pendidikan berkat kehadiran mahasiswa program kampus mengajar.

Sebanyak empat mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, yakni Layla Khasanah dan Septina Rohmah Kafi dari Unsiq Wonosobo, Indri Safitri dari UNY Yogyakarta, dan Firda Shoufil Ulla dari Unwiku Purwokerto.

Keempat mahasiswa melakukan observasi dan diterima Kepala SDN 1 Kemiriombo. Titien Arianingsih SPd SD beserta para dewan guru.

Mereka melakukan observasi di sekolah tersebut guna mempersiapkan program kerja selama menjalankan program ini yang akan dimulai 1 Maret sampai 28 Juni mendatang.

Titien berharap dengan adanya program kampus mengajar ini dapat memajukan kualitas pendidikan di SDN 1 Kemiriombo .

“Kami harapkan para mahasiswa berkolaborasi dengan para guru untuk meningkakan kualitas pendidikan di SD kami. Siswa di SD kami berjumlah 73 orang, sementara guru ada 9 dan akreditasi saat ini B,” ungkap Titien.

Dia berharap ke depan SDN 1 Kemiriombo bisa mendapatkan akrediasi A, serta jumlah siswa dan prestasinya ikut meningkat.

mkbm usm

Mahasiswa peserta program kampus mengajar angkatan 3 didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari USM Saiful Hadi foto bersama para guru usai observasi di SDN 1 Kemiriombo Wonosobo.(foto: dok USM)

 

ref:

https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/pr-042729622/dosen-usm-dampingi-mahasiswa-program-kampus-mengajar-untuk-tingkatkan-soft-skill

Leave a Reply

Your email address will not be published.