cahsemarang.com

 

Pendaftaran Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 sedang berlangsung. Ada sejumlah tips yang bisa dicoba agar lolos dalam proses seleksi tersebut.

IISMA merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di luar negeri selama satu semester secara gratis.

 

Nantinya, seluruh pembelajaran yang dilakukan dapat dikonversi ke dalam 20 SKS (Satuan Kredit Semester) di perguruan tinggi Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta mendapat jaringan yang luas.

Melansir site.iisma.id, terdapat 72 perguruan tinggi tujuan beasiswa IISMA 2022 yang tersebar di wilayah Asia, Amerika dan Kanada, Australia dan Selandia Baru, serta Eropa. Beberapa di antaranya adalah University of Birmingham, The University of Edinburgh, University College London (UCL), dan Monash University.

Kira-kira apa saja tips yang bisa dilakukan dalam menghadapi seleksi IISMA?

Tips Persiapan Seleksi IISMA
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek memberikan sejumlah tips persiapan seleksi IISMA. Berikut tips selengkapnya seperti dilansir dari akun media sosial Ditjen Dikti, Rabu (16/3/2022):

1. Kenali Kemampuan Diri
Cara untuk mengenali kemampuan diri dapat dilakukan dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Ini merupakan salah satu penunjang dalam pembuatan esai dan curriculum vitae (CV).

2. Latih Kemahiran Berbahasa Inggris
Seperti dijelaskan oleh Ditjen Dikti, berlatih berbahasa Inggris dengan giat dan rutin dapat membantumu melewati setiap tahapan dalam seleksi IISMA.

3. Susun Strategi Pilih Universitas
Memilih perguruan tinggi juga membutuhkan strategi. Lakukan riset tentang universitas yang akan dipilih. Pastikan kampus tujuan tersebut memiliki peluang penerimaan yang tinggi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

4. Persiapkan Diri untuk Wawancara
Poin penting saat seleksi wawancara yaitu menjadi diri sendiri, jujur, dan percaya diri. Ketiga hal tersebut perlu diutamakan agar membuat pewawancara terkesan.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Project Management Officer Kampus Merdeka Kemendikbudristek Erwin Tobing menyampaikan, kuota program IISMA 2022 sebanyak 1.000 mahasiswa. Pendaftaran dilakukan bulan Maret ini dan keberangkatan mulai Agustus 2022.

 

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published.